Thursday, January 19, 2012

Looking Glass Self


Pernahkan kalian merasa kalian seperti diamati oleh seseorang?? Apa yang anda pikirkan?? Apakah hal baik/buruk?? Berikut adalah hal yang biasanya dipikirkan saat kita diamati seseorang.
1. Kita membayangkan bagaimana kita dan diamana orang lain.
Misalnya anda berkunjung ke sebuah pesta, dan ada orang yang mengamati anda dari ujung kaki sampai ujung kepala. Anda mungkin berpikir ''kenapa sih ngilatin aku? Emang ada yang salah? Padahal sama-sama tamu undangan tapi kok ngliatin aku trus??''
2. Kita membayangkan bagaimana orang lain menilai kita.
Jika kita orang yang terlalu PD maka kita akan membayangkan ''Kira-kira apa yang ia amati? Sepatu ''oke'', baju ''oke'', rambut ''oke juga'' trus apaan dong?apa karna gue cantik/ganteng kali ya?'' Mungkin karna PD-nya, kita tetap akan enjoy/santai saja/berperilaku normal, dan membiarkan orang itu mengamatinya sampai ia bosan.
Tapi jika kita orang yang kurang PD ''Ish, ngapain sih tuh orang liatin aku? Jadi gak nyaman banget, apa dandananku berantakan? Perasaan udah oke banget. Aduh gimana ni, apa ada yang salah ya?'' Mungkin dengan perasaan gak nyaman itu kita akan pindah/ berusaha mengalihkan pandangan dengan mengotak-atik HP, rambut, baju, dll.
3. Bagaimana perasaan kita sebagai akibat penilaian.
Jika kita orang yang terlalu PD seperti yang di atas, maka mungkin kita akan menyesal karena mungkin saja orang yang mengamati kita akan mengecap kita dengan ''cuek,gak tahu diri'', dan bisa saja ia teman lama yang kita lupa secara tidak sengaja/orang yang mengisyaratkan untuk mencoba mengajak kita berkenalan/ bisa saja kita berlaku kurang sopan dan ia berusaha menegur kita tanpa membuat kita malu.
Jika kita orang yang kurang PD, maka kita akan menyesal, ''kenapa tadi gak aku kasih senyuman aja, kenapa aku tadi keliatan gelisah kan belum tentu dia ngliatin aku'' akan terbersit rasa penyesalan di hati kita. Dan biasanya bisa sangat menyesal sekali.
Dengan kejadian itu, kita berusaha untuk merubah sikap kita itu, agar menjadi baik di pandangan orang lain.

Well, itu pendapat saya sih. Kalau tidak sesuai ya maklumlah, saya hanya menyimpulkan dari pengalaman, hehehe. Yang terpenting, kita jangan terlalu mudah menyimpulkan sesuatu jika menyangkut hal seperti di atas, bisa menyebabkan kesalahpahaman. Hla trus g mana dong? Positive thinking ajah, trus kasih senyum ke orang itu.


^Shy_Fox_(Pisces)^

No comments:

Post a Comment