Wednesday, March 7, 2012

Curhat Episode "Menjadi Dewasa?"

Pertanyaan: Bagiamana agar aku bisa menjadi dewasa?
Jawaban:
Menjadi dewasa ya? Remaja pada umumnya adalah orang yang sedang mencari jati diri. Untuk mencapai itu dibutuhkan pikiran yang rasional, maju, dan dewasa. Tapi, ada beberapa remaja yang belum bisa berpikir dewasa *termasuk yang tanya? Peace :P, yang nulis juga belum sepenuhnya berpikir dewasa --'' Berikut ini saran dari penulis agar mencapai kedewasaan:

1. Salah satu cara agar kita bisa menjadi dewasa adalah ''Mandiri''. Mandiri dalam arti tidak selalu bergantug pada orang lain, paling tidak bisa usaha sendiri dulu, misalkan udah mentok benar, tidak ada salahnya untuk meminta bantuan orang lain.
2. Tidak mudah terpancing ikan, eh salah! Terpncing sama kemarahan. Sabar sob, mungkin bagi yang gampang darah tinggi agak sulit, caranya ada nih sob, tarik napas terus tersenyumlah,''Keep Smile!'' Senyum dlm kesedihan dong? Maksudny meskipun kita banyak masalah, mungkin galau, tidak punya duit mungkin, atau apapun yang bisa buat hati sedih, tapi itu semua bisa tertutupi kalau dalam diri kita terasa gak ada beban apapun, kita buat seakan baik-baik saja ketika kita didepan orang.
3. Kalau terpaksa mengalah, mengalah demi kebaikan. Tidak ada salahnya kan mengalah demi kebaikan? Malahan dapat pahala.
4. Jangan egois! Lebih mementingkan urusan/kepentingan orang lain ketimbang urusan diri sendiri. Tapi, karena itu membuat orang lain menjadi bergantung pada kita dong? Wah, kalau digantungin terus lama-lama tidak enak Scis, nanti jadi kita mempunyai kesan dimanfaatkan? Bila sobat jenuh, katakan saja dengan baik-baik ,yakin jika orang itu baik pasti akan mengerti dan menghargai kita.
5. Bila dipuji tidak langsung besar kepala. Biasa saja lagi sob, ketika kita dipuji terus jangan langsung seneng yg berlebhan. Rendah hati, ucapkan terimakasih cukup.
6. Bisa cocok dengan siapapun. Segala umur sob, mau muda ataupun tua, kita bisa menempatkan diri. Bisa mengerti sifat, waktu serius kita serius waktu bercanda kita ikut.
7. Menjadi pendengar yang budiman, menjadi sahabat/saudara yang baik, tidak pilih kasih. Berkata sopan, baik, tidak berkata yang bisa menyinggung perasaan orang lain. Bisa dibilang tidak ceplas ceplos kalau berkata, menahan diri sob. Kalau belum terbiasa lebih baik diam saja sambil senyum...hemm kan lebih manis, wkwk :D
8. Bisa berfikir panjang kedepan.'Aku hidup ini tujuanku kedepan itu apa? Apakah dengan berfoya?' TIDAK sob! Tentukan tujuan hidup dan mulailah menekuni/berjuang untuk itu! Kita juga tidak boleh mengambil keputusan langsung. Kita bisa pikirkan, hal mana yang baik dan bukan. Tidak gegabah mamen! 'Ow kalau aku begini itu ada manfaatnya tidak? Ada baiknya tidak atau burukkah?'
Kesimpulannya, jika kita mau dewasa, berpikirlah maju. ''Aku tidak mau dan tidak akan berpikir kekanak-kanakan lagi. Aku ingin menjadi pribadi yang dewasa. Bisa mandiri, pengertian, dan tidak manja. I know i can do it! Fighting!''
Kata-kata motivasi itu bisa diganti. Tanamkan dalam hati! Karena perubahan yang besar bersumber dari dalam diri sendiri :)


^o^ ShyTiger ^o^

3 comments: