Sunday, November 3, 2013

Resensi Buku "5 CM"


Judul buku      : 5cm
Penulis             : Donny Dhirgantoro
Penerbit           : Grasindo
Tebal               : 381 halaman





A.      Gambaran Buku
Buku 5cm ini menceritakan tentang persahabatan lima orang anak bernama Arial, Riani, Zafran, Ian, dan Genta. Lima sahabat ini telah menjalin persahabatan selama tujuh tahun. Suatu ketika mereka jenuh akan aktivitas yang selalu mereka lakukan bersama. Tiba-tiba muncul ide untuk tidak saling berkomunikasi dan bertemu satu sama lain selama tiga bulan. Ide tersebut pun disepakati. Selama tiga bulan berpisah itulah terjadi banyak hal yang membuat hati mereka lebih kaya dari sebelumnya. Pertemuan setelah tiga bulan yang penuh dengan rasa kangen akhirnya terjadi dan dirayakan dengan sebuah perjalanan.
Dalam perjalanan mendaki gunung tertinggi di Pulau Jawa, Mahameru, mereka menemukan arti manusia sesungguhnyaa. Setengah dari buku 5 cm. bercerita tentang keseharian lima sahabat ini, dari sifat-sifat mereka yang berbeda satu dengan yang lain sampai dengan perilaku dan aktifitas mereka yang penuh canda tawa, diselingi cerita tentang permasalahan antar-sahabat. Setengahnya lagi, buku ini menuliskan petualangan kelima sahabat dalam mendaki gunung Semeru.

B.       Biografi Penulis Buku
Donny Dhirgantoro lahir di Jakarta 27 Oktober 1978. Sulung dari empat bersaudara ini menghabiskan seluruh waktu kecilnya hingga besar di Jakarta. Menyelesaikan masa-masa putih abu-abu di SMU 6 Jakarta, sekolah yang sampai saat ini masih dibanggakan karena kenangan-kenangan yang menyenangkan dan tak terlupakan. Kegemaran menulis dan membaca sudah ada semenjak mulai bisa menulis dan membaca, konon hal ini akibat sang Papa meletakkan banyak buku disekitar ari-ari putra sulungnya.
Selepas SMU, ia melanjutkan studi di STIE Perbanas Jakarta dan ikut aktif dalam segala kegiatan kampus. Pengalaman gagal mendapatkan beasiswa pada salah satu kegiatan pelatihan kampus tidak membuatnya putus asa, tetapi pada tahun berikutnya justru mengantarnya menjadi ketua penyelenggaranya. Bersama teman-teman lain, ia berhasil mendapatkan beasiswa dari kampus. Saat-saat terbaik sebagai mahasiswa adalah ketika bergabung dalam barisan menegakkan reformasi tahun 1998, yang membuatnya bangga menjadi bagian dari bangsa yang besar ini.
Setelah lulus kuliah ia sempat berpindah-pindah tempat kerja untuk terus mencari bentuk pekerjaan yang tepat dan cocok, sebelum akhirnya tercatat sebagai seorang Instuctur/Trainer di salah satu perusahaan Konsultan Sumber Daya Manusia di Jakarta.

C.      Unsur Karya Sastra
ü Tokoh Dan Penokohan
1.      Arial : sporty, rapi dan simple, sosok yang tenang.
Kutipan dalam novel :
            “...., pokoknya sporty deh, Arial yang selalu rapi ...”
2.      Riani : berkacamata, cantik, cerdas dan mengutamakan prestasi
Kutipan dalam novel :
            “Riani pakai kacamata, cantik, cerdas …”
3.      Zafran : puitis, pintar, mudah bimbang.
Kutipan dalam novel :
            “Seorang penyair yang selalu bimbang”
            4.   Ian : gendut, gila bola, ia juga senang tantangan dan suka makan terutama indomie.
                  Kutipan dalam novel :
                  “Apa aja tentang bola dia tahu dan kebanyakan dia ngabisin waktunya buat bola, ...”
           5.   Genta : berjiwa pemimpin, tidak individualis, baik.
                 Kutipan dalam novel :
                 “The Leader” 
      ü Tema : Persahabatan lima anak muda yang mempunyai kekuatan dan keajaiban mimpi. 
      ü Latar  :
         Tempat : Jakarta, Yogyakarta, Bogor, Puncak Mahameru.
         Waktu : Setiap saat (pagi sampai malam)
         Suasana : Menyenangkan, mengharukan dan menegangkan. 
       ü Alur  : alur maju mundur karena dalam cerita terjadi flashback ke masa lalu dan kejadian masa depan. 
       ü Sudut Pandang : orang ketiga. 
       ü Amanat  : kita harus menanamkan satu keyakinan pada diri kita bahwa tidak ada yang tidak bisa di dunia ini kecuali keyakinan yang menganggap bahwa kita tidak dapat melakukan hal tersebut 
       ü Gaya Bahasa : bahasa modern (sehari-hari) sehingga mudah untuk dipahami.
D.      Kelebihan & Kekurangan Buku
ü Kelebihan:
Ceritanya menarik, menggunakan bahasa yang mudah dimengerti, dan alur ceritanya tidak membosankan sehingga pembaca ingin membaca buku ini hingga halaman terakhir. Pesan moral yang disampaikan pun sangat baik sehingga memotivasi pembaca agar bisa mengejar impian mereka dan membuat jadi nyata.
ü Kekurangan:
Cerita akhir novel ini terasa begitu dipaksakan, dengan pembentukan keluarga antara sahabat-sahabat tersebut ditambah dengan keturunan mereka yang begitu sama mewarisi sifat-sifat orang tuanya dan semuanya sebaya, seumuran. Bahasa yang kental dengan dunia musik menjadikan pembaca yang awam dengan dunia musik sulit memahami tokoh dalam novel.

E.       Kesimpulan
Novel 5 cm ini sangat bagus karena menyuguhkan kisah persahabatan lima anak yang begitu semangat dalam menjalani hidup dan disuguhkan pula beberapa  pesan moral yang disampaikan sangat baik sehingga memotivasi pembaca agar bisa mengejar impian mereka dan membuat jadi nyata
Novel ini ada pengetahuan yang luas tentang lirik lagu, film, artis-artis Hollywood, sampai ke filsafat-filsafat Yunani kuno, dan orang terkenal lainnya.
Sebuah novel yang dapat menambah motivasi dan kepercayaan diri untuk bisa meraih impian dengan bekal semangat dan tidak kenal lelah.

F.       Peresensi
ü  Anisa Bella Pratiwi
ü  Arianto Linggo U.
ü  Arum Fitri I.
ü  Atika Nurul Fatimah
ü  Faizal Noor Achmad
ü  Ikwan Ari Nugraha
ü  Yenni Dwi Puspita B. U.

No comments:

Post a Comment